Makanan Ikan Arwana

Bismillahirrahmanirrahim, Ikan arwana adalah salah satu ikan dengan harga mahal. Supaya harga ikan arwana jadi mahal, tentu harus memiliki bentuk tubuh sempurna dan warna yang bagus. Agar pertumbuhannya sesuai sama yang kita inginkan, maka perawatan seperti memberi makanan ikan arwana terbaik yang harus paling bagus.

Seperti kita ketahui yang namanya ikan hias memang cukup berbeda cara perawatannya dengan ikan yang biasa dikonsumsi. Kita harus menjaga warna dan corak supaya tetap bagus. Untuk makanan arwana sendiri jenisnya ada banyak. Harus Anda pilih yang paling terbaik. Lalu apa saja jenis makanan buat arwana?

Rekomendasi Jenis Makanan Ikan Arwana Terbaik

Perlu diketahui untuk makanan arwana sendiri juga harus dibedakan buat anakan atau yang sudah dewasa. Tentu bukan hanya kandungan nutrisi yang perlu dipikirkan akan tetapi ukuran makanan harus sesuai dengan ikan yang diberi makan. Untuk rekomendasi makanannnya, sudah di rangkum oleh Sudut Hewan bahas dengan lengkap dibawah ini:

1. Ikan Kecil

Ikan kecil untuk makanan ikan arwana

Untuk rekomendasi makanan yang pertama adalah ikan kecil. Ikan kecil sendiri merupakan makanan alternatif arwana yang sangat bagus. Walaupun bagus dimakan oleh ikan arwana, tapi Anda tidak bisa memberi terlalu banyak. Lebih baik paling tidak memberi 1 kali seminggu saja. Kalau lebih jarang, maka lebih baik.

Untuk makanan berupa ikan kecil ini bisa Anda berikan yang masih hidup dan langsung dimasukkan pada akuarium. Tujuannya tentu supaya arwana bisa memakan sendiri makanannya. Perlu diketahui untuk jenis makanan ini kurang cocok dipakai sebagai makanan ikan arwana kecil. Apalagi yang umurnya baru beberapa hari atau minggu.

2. Pelet

Pelet untuk makanan ikan arwana
Sumber: http://www.fishhavenfarm.com/

Selanjutnya ada pelet yang bisa dijadikan sebagai makanan ikan arwana anakan dan dewasa. Tentu saja selain makanan alternatif alami, harus diberikan makanan olahan seperti pelet. Terlebih lagi pelet juga dilengkapi dengan banyak kandungan gizi atau nutrisi yang baik buat kesehatan ikan.

Usahakan memilih merk pelet dengan kandungan nutrisi paling bagus. Perlu diketahui walaupun bisa digunakan untuk anakan, tapi harus disesuaikan dengan umurnya juga. Seperti kita ketahui kalau ikan arwana ukurannya masih kecil, maka kurang cocok memakai pelet. Kalau semakin besar ukurannya, baru bisa diberi.

3. Jangkrik

Jangkrik sebagai makanan ikan arwana

Untuk makanan ikan arwana silver dan jenis lain yang bisa Anda berikan jangkrik. Jangkrik sendiri memang sangat bagus supaya dapat meningkatkan dan menjaga warna arwana semakin baik. Untuk jangkrik yang bagus lebih baik yang masih muda saja. Berikan juga jangkrik tanpa kaki supaya ikan tidak terluka.

4. Kecoa

Sementara itu kalau kecoa sendiri juga snagat bagus terutama karena mengandung protein. Pemberian kecoa banyak yang percaya bisa membuat nafsu makan arwana kita semakin bagus. Jadi kalau ikan arwana Anda nafsu makannya lagi menurun, bisa diatasi dengan cara memberikan kecoa. Apalagi bisa juga menambah stamina ikan arwana.

5. Kodok

Makanan ikan arwana berupa kodok juga sangat bagus untuk digunakan. Karena kodok ini dilengkapi dengan kandungan gizi. Beberapa kandungan gizinya yaitu berupa lemak dan daging yang bagus buat pertumbuhan ikan kita. Karena ukurannya besar, lebih baik diberikan untuk ikan arwana dewasa.

Untuk pemberian kodok sendiri memang sangat baik buat ikan arwana kita. Tapi tetap saja jangan dikasih kebanyakan. Pemberian kodok sebagai makanan yang terlalu banyak ternyata membuat warna arwana kita jadi jelek. Selain itu warna dan corak arwana sendiri juga jadi kelihatan jelek.

6. Cicak dan Kadal

Cicak merupakan salah satu hewan liar yang sering ditemukan di rumah. Cicak ternyata sangat baik apabila kita jadikan sebagai makanan alternatif arwana. Seperti pemberian makanan alternatif pada umumnya pemberian makanan ini juga tidak boleh keseringan. Akan lebih baik memberikannya sesekali saja.

7. Kadal

Anda juga bisa memberikan makanan berupa kadal. Kadal juga banyak ditemukan di sekitaran rumah, kebun ataupun di sekitar persawahan. Jangan lupa juga mencoba kepada ikan arwana milik Anda terlebih dahulu. Kalau yang pernah saya lihat secara langsung tidak semua arwana suka cicak dan kadal.

8. Kelabang

Anda juga bisa memberikan makanan ikan arwana berupa kelabang. Kelabang merupakan hewan yang dilengkapi dengan banyak kaki dan sisik. Untuk kandungan yang terdapat dalam kelabang tentu saja bakalan berguna buat arwana kita. Tapi saya sarankan Anda jangan memberikan kelabang setiap hari.

Bukan hanya karena ada kandungan berbahaya bila diberikan keseringan, akan tetapi kelabang itu memiliki harga yang relatif sangat mahal. Selain itu kalau keseringan diberi kelabang, maka ikan arwana peliharaan Anda tidak mau makan makanan lain. Alhasil arwana cuma mau makan kelabang dan budget yang kita keluarkan semakin banyak.

9. Udang

Udang merupakan makanan alternatif yang sangat bagus untuk ikan arwana. Kegunannya sendiri kurang lebih sama dengan jangkrik. Dimana jangkrik akan membuat perubahan warna pada ikan arwana semakin bagus. Supaya lebih baik, Anda bisa terlebih dahulu memberikan udang yang beku tapi harus tetap segar.

Untuk pemberian udang sebagai makanan juga harus dibersihkan terlebih dahulu. Kita pasti tahu ada jenis bagian tubuh udang yang berbahaya buat mulut arwana. Coba saja bersihkan sungut atau bagian lain yang agak tajam.

Seperti yang telah kita bahas sebelumnya kalau makanan sangat mempengaruhi pertumbuhan warna pada arwana. Maka dari itu harus diberikan yang paling bagus tanpa efek berbahaya. Selain itu jangan lupa juga memberikan yang terjangkau. Anda tidak perlu memberikan makanan yang paling mahal asal kualitasnya bagus.

Bagaimana, mau pilih jenis makanan yang mana? Itulah pembahasan mengenai rekomendasi makanan ikan arwana alternatif dan utama yang terbaik. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar