Cara Mengobati Kucing Flu

Bismillahirrahmanirrahim, Cara mengobati kucing flu – Musim hujan atau dingin adalah salah satu yang paling ditunggu. Hawa yang sejuk, juga suburnya tanah pertanian dan perkebunan karena asupan air yang cukup, menjadi beberapa alasannya.

Namun di musim ini pun ada hal yang patut diwaspadahi dan dilakukan antisipasi, yakni serangan flu. Sudah umum kita ketahui bahwa perubahan suhu seringkali membuat beberapa orang yang rentan, mudah terserang virus flu.

Dan tidak hanya manusia yang perlu waspada, kita yang memelihara kucing juga perlu memperhatikan kesehatan kucing kita. Mengapa? Karena kucing kesayangan kita juga berpotensi terkena serangan flu.

Cara Mengobati Kucing Flu Dengan Alami

Beberapa gejala yang tampak ketika kucing kita terkena flu adalah sering bersin, mata agak merah dan berair serta muncul lender dari hidungnya. Jika kucing kta terkena flu, jangan khawatir apalagi panik, karena ada banyak cara mengobati kucing flu yang ada di artikel ini. Simak langsung ulasan berikut.

1. Hindari Memandikan Kucing

Penyakit flu pada umumnya bisa sembuh dengan sendirinya. Apalagi jika kucing kesayangan kita sudah menginjak usia dewasa, karena kekebalan tubuhnya nanti akan bisa mengalahkan serangan virus flu.

Namun jika kucing kamu masih kecil, ini yang perlu penanganan cukup serius. Tubuh kucing yang terkena flu akan bereaksi dengan cara menaikkan suhu tubuhnya. Situasi suhu yang hangat atau panas adalah habitat yang tidak menyenangkan bagi virus flu.

Sehingga jika kita memandikan kucing disaat terserang flu akibatnya bisa fatal. Kucing akan susah sembuh dan malah makin parah.

Baca juga: Cara mengobati kucing mencret

2. Jemur Dibawah Sinar Matahari Langsung

Ini adalah salah satu cara mengobati kucing flu dengan alami, yakni dengan menjemurnya dibawah terik matahari pagi. Tetapi jangan terlalu siang ya, karena radiasi sinar UV nya juga berbahaya. Jam menjemur paling baik adalah antara jam 8 hingga 9 pagi.

Dengan menjemur si kucing, maka kuman-kuman penyebab penyakit akan mati dan selain itu, sinar matahari pagi sangat baik untuk kesehatan tulang dan badan secara umum. Untuk waktu lama menjemurnya jangan lama-lama, cukup 10-15 menit saja. Karena jika terlalu lama, kucing akan tidak nyaman karena kepanasan.

3. Beri Makanan Sarat Nutrisi

Imunitas tubuh adalah senjata paling ampuh untuk mengatasi masalah flu pada kucing. Sehingga dengan memberi kucing kita makanan yang penuh nutrisi akan sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuhnya. Kamu bisa membeli makanan yang sudah siap makan di berbagai toko hewan. Selain efisien, makanan praktis ini sudah teruji mengandung zat gizi yang lengkap.

4. Tambahkan Suplemen Multivitamin

Selain mempertahankan asupan makanan penuh gizi, cara mengobati kucing flu berat adalah dengan menambah asupan multivitamin. Multivitamin ini nantinya akan dapat membantu mempercepat proses penyembuhan. Dan konsumsi multivitamin secara rutin juga sangat baik kedepannya, agar si kucng tidak mudah sakit.

5. Lokalisir Di Tempat Yang Nyaman

Beberapa pecinta kucing tidak memelihara hanya satu ekor kucing saja, termasuk kamu mungkin memelihara lebih dari satu ekor kucing. Jika yang satu terkena flu, sebaiknya pisahkan dengan kucing yang lainnya.

Karena flu adalah jenis penyakit yang cepat sekali penularannya. Buatkan tempat tidur yang nyaman buat kucing yang lagi sakit. Semakin banyak ia beristirahat, maka semakin cepat pula proses pemulihannya.

Terus jangan lupa untuk selalu membersihkan tepat tidur si kucing. Karena jika jarang dibersihkan, maka akan menjadi tempat bersarangnya kuman dan bakteri bahkan virus yang kedepannya bisa menyebabkan masalah kesehatan baru.

6. Berikan Madu

Sudah sejak lama madu dikenal sebagai salah satu makanan yang dapat mengobati flu. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin C yang cukup banyak di dalamnya. Vitamin C adalah salah satu senyawa antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas atau senyawa jahat yang ada di dalam tubuh.

Sehingga cara mengobati kucing sakit flu juga dapat menggunakan resep warisan nenek moyang ini. Namun terkadang kucing tidak menyukai aroma dan rasanya yang terlalu manis. Sehingga kamu perlu mencampurkan madu dengan susu tawar agar rasa manis madu bisa tersamarkan.

Berikan campuran madu dan susu tawar ke kucing 4 kali dalam sehari. Dalam beberapa hari, si kucing berangsur-angsur akan cepat pulih.

7. Berikan Cuka Apel

Jika kucing tidak suka dengan rasa madu yang manis walaupun sudah dicampur dengan air, jangan khawatir. Karena ternyata tidak hanya madu yang bisa digunakan untuk mengobati flu pada kucing. Cuka apel juga merupakan bahan alami untuk mengatasi masalah yang sama.

Berikan 1-2 sendok setiap pemberian ke kucing kita. Bisa dicampurkan dengan air putih biasa agar rasa masamnya tidak terlalu kuat. Kandungan cuka apel yang kaya akan anti oksidan dapat membantu melawan virus penyebab flu di dalam tubuh si kucing.

8. Pastikan Kucing Ada Di Dalam Rumah Saat Malam Hari

Udara dingin pada malam hari sangat tidak baik bagi kucing yang lagi terkena flu. Apalagi jika saat itu turun hujan, maka akan semakin memperparah penyakit flu si kucing.

Kamu harus rajin mengontrol tepat tidur kucing pada malam hari untuk memastikan si kucing tidur pada tempatnya. Karena terkadang si kucing bila sudah menemukan sudut ruang yang hangat di luar rumah, kucing akan tertidur disitu.

9. Jangan Diberikan Obat Flu Untuk Manusia

Beberapa catlovers mungkin punya pemikiran jika obat flu yang biasa digunakan untuk manusia bisa juga digunakan untuk kucing. Padahal sebenarnya belum ada dokter hewan yang menyarankan hal demikian. Hal ini dikarenakan kandungan obat flu yang biasa kita gunakan belum ada penelitian yang menunjukkan efektif bisa menyembuhkan flu pada kucing.

10. Bawalah Ke Dokter Hewan

Cara mengobati kucing flu yang ini adalah cara paling akhir. Yakni membawanya ke dokter hewan. Sebenarnya cara ini adalah yang paling efisien, namun mencoba mengobati kucing yang kita sayangi secara mandiri akan membentuk ikatan yang kuat antara kita dengan si kucing.

Kucing akan mengerti siapa yang merawatnya saat sakit flu dan ini akan membuat kucing setia kepada kamu layaknya seekor anjing yang dikenal sebagai hewan setia. Namun jika beberapa cara alami sudah kita coba dan kucing malah semakin parah flunya, maka ke dokter hewan dalah langkah yang tepat.

Baca juga: Cara mengobati kucing mencret

Perlu juga kamu perhatikan, bahwa rata-rata penyakit flu menyerang kucing-kucing yang belum mendapatkan vaksinasi. Sehingga jika kucing kamu saat ini belum terkena flu dan belum ikut vaksinasi, maka segera lakukan vaksinasi ke klinik-klinik hewan atau dokter hewan. Vaksinasi sangatlah penting agar si kucing tetap sehat atau tidak mudah sakit.

Demikian 10 cara mengobati kucing flu yang benar. Seringkali kita meremehkan penyakit flu pada hewan kesayangan kita, padahal beberapa kasus flu pada kucing bisa menimbulkan masalah kesehatan yang serius. Kucing jadi malas makan sehingga penyakit lainnya pun bisa berdatangan. Selain itu kucing juga bisa menulari kucing atau hewan lainnya yang kita rawat.

Tinggalkan komentar